Home > Uncategorized > Inilah Perbedaan Kambing dan Domba

Inilah Perbedaan Kambing dan Domba

Domba dan Kambing memiliki banyak kesamaan, terkadang orang tidak bisa membedakan antara keduanya. Domba dan kambing sebenarnya adalah dua spesies yang berbeda, dalam bahasa latin Domba dikenal sebagai Ovis Aries sedangkan Kambing disebut Capra hircus. Pemisahan ini dilakukan berdasarkan karakteristik kedua hewan ini. Lebih jauh lagi jumlah kromosom (bagian sel yang menentukan karakteristik hewan/manusia) Domba memiliki 54 kromosom sedangkan kambing memiliki 60 kromosom.

Hampir setiap orang yang ditanya bagaimana cara membedakan domba dan kambing menjawab struktur rambut (lebih dikenal dengan istilah bulu) yang menutupi tubuhnya berbeda. Kambing memiliki bulu yang lurus sedangkan domba bulunya keriting. Namun ketika ditanya lagi “bagaimana kalau keduanya dicukur bulunya?”, dua duanya akan sangat mirip dan sulit untuk membedakannya. Selain dari membedakan tipe bulu sebagaimana disebutkan diatas, ada beberapa cara lain yang bisa kita gunakan buat membedakan antara domba dan Kambing. Ekor, antara domba dan kambing memiliki perbedaan di ekornya. Kalau kita perhatikan bagian ekor dari kambing dia tegak ke atas sementara domba jatuh terkulai ke bawah. Perbedaan lain antara antara domba dan kambing adalah perilaku mereka makan dan pemilihan jenis makanan. Domba senang merumput, atau di istilah biologi dan kedokteran hewan disebut grazing. Domba lebih memilih rumput yang pendek dan lembut atau gulma sebagai makanannya. Domba merumput dengan sedikit menekuk kaki depannya dan bertumpu pada kaki depannya. Disisi lain Kambing lebih memilih tumbuhan sebagai makanannya, terkadang mereka memakan ranting muda dibandingkan rumput. Kembali daam istilah biologi atau kedokteran hewan mereka di sebut hewan browser. Domba sangat tangkas dan dapat berdiri dengan kaki belakangnya untuk mencapai ranting yang tinggi.

Domba dan kambing mempunyai perilaku yang agak berbeda. Ada yang mengatakan bahwa kambing lebih “pintar” dibandingkan dengan Domba karena kambing memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan sangat tangkas. Kambing lebih mandiri atau soliter dibandingkan dengan domba yang biasanya memilih untuk berkelompok. Domba akan menjadi sangat gelisah jika sudah dipisahkan dari sisa kawanannya, tidak seperti kambing. Namun, kecenderungan domba untuk berkelompok ini merupakan salah satu metode mereka untuk melindungi kawanannya dari serangan hewan pemangsa. Sebenarnya tidak ada yang lebih pintar atau lebih bodah antara keduanya. Hanya saja keduanya memiliki perilaku yang berbeda satu sama lain. Perilaku ini telah di desain sedemikian rupa sehingga mereka dapat bertahan hidup di alam.

Klasifikasi Ilmiah

Domba
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Mamalia
Ordo : Artiodactyla
Family : Bovidae
Sub Family : Caprinae
Genus : Ovis
Spesies : Ovis Aries

Kambing
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Mamalia
Ordo : Artiodactyla
Family : Bovidae
Sub Family : Caprinae
Genus : Capra
Spesies : Capra Hircus

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: