Home > Uncategorized > BANYAK YG AWAM, BEDA ANTARA JILBAB DAN KUDUNG serta HUKUMNYA

BANYAK YG AWAM, BEDA ANTARA JILBAB DAN KUDUNG serta HUKUMNYA

Assalamualaikum Wr. Wb.

Wahai saudara-saudaraku sekalian,,, taukah anda tentang perbedaan Kudung dan Jilbab..??

adapun kata “Kudung” trdapat dlm Al-Qur’an yaitu surah An-Nur (31) yang artinya :

“Katakanlah kpd Wanita yg beriman : “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yg biasa nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kpda suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mreka, atau putra2x mreka, atau putra2x suami mreka, atau saudara2x laki2x mrka, atau putra2x saudara laki2x mreka, atau putra2x saudara prempuan mreka, atau wanita2x islam, atau budak2x yg mereka miliki, atau pelayan2x laki2x yang tidak mempunyai keinginan (trhadap wanita), atau anak2x yg belum mengerti tntang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yg mereka sembunyikan dan bertaubatlah kamu sekalian kpd Allah, hai orang2x yg beriman supaya kamu beruntung.”” (An-Nur 31)

dan kata/istilah jilbab terdapat pada surah Al-Ahzab ayat 59 yg artiny :

“Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin :”Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Nah, dari kedua ayat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa memakai Kudung dan Jilbab bagi para Akhwat/wanita/perempuan hukumnya WAJIB karena perintahnya jelas tertulis dalam wahyu Allah. Saya pernah berdiskusi, searching2x, dan belajar2x, hingga mendapatkan kesimpulan seperti ini :

1. Kudung adalah sejenis kain persegi empat (tidak tipis) yang digunakan untuk menutupi seluruh bagian rambut di kepala (kecuali wajah) hingga menutupi bagian dada. artinya kudung yg syar’i adalah yg menutupi badan bagian atas, sehingga bentuk/lekuk badan pun (termasuk dada) akan tertutupi oleh kain tersebut.

2. Jilbab adalah sejenis baju terusan (tidak tipis) longgar yang digunakan untuk menutupi seluruh badan, dari leher atas hingga telapak kaki.
Artinya Jilbab yg syar’i adalah yg dibuat sedemikian rupa/longgar sehingga menutupi bentuk/lekuk badan.

bisa dibayangkan jika semua kaum hawa di dunia ini pada pakai kudung dan jilbab secara syar’i, termasuk yg ada di media2x massa dan elektronik… waduuh,, betapa tenteram, indah dan tenang dunia ini yg diliputi tata cara islami.

Categories: Uncategorized
  1. January 9, 2013 at 7:52 am

    Artikel yang sangat menarik. Anda bisa memberikan ulasan yang membuat
    para pembaca lebih paham tentang apa yang selama ini kurang dipahami
    dengan detail. Salam kenal dari kami, tetap semangat berbagi🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: